SMA Negeri 1 Simpang Ulim Rutin Gelar Yasinan Setiap Jumat

Simpang Ulim – SMA Negeri 1 Simpang Ulim menggelar kegiatan yasinan rutin yang dilaksanakan pada hari jumat, (5/3/21). Acara tersebut berlangsung khidmat yang diikuti oleh seluruh dewan guru dan staff administrasi serta para peserta didik SMA Negeri 1 Simpang Ulim.

Pembina OSIS SMAN 1 Simpang Ulim Erna Murni, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan yasinan ini dilaksanakan setiap jumatnya dengan membaca yasin di kelas secara bersama, dan setiap satu bulan sekali di hari jumat minggu pertama dilaksanakan yasinan secara berjamaah serta tausiah di lapangan. “Kegiatan baca Yasin, Shalawat, Tausiah dan Doa bersama biasanya dilaksanakan setiap jumat dikelas masing-masing didampingi oleh guru mapel pada jam pertama dan untuk membangkitkan semangat dan menghidupkan suasana agar tidak monoton sebulan sekali pada hari  jumat di minggu pertama acara ini kita laksanakan secara berjamaah di halaman sekolah, kita juga undang Ustadz untuk memberikan tausiah kepada peserta didik dan guru” jelasnya.

Tidak hanya pembina OSIS rutin mendampingi setiap kegiatan, kepala sekolah SMA Negeri 1 Simpang Ulim Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd juga aktif dalam mendampingi peserta didik sekaligus memonitor pada setiap kegiatan dan keadaan, “Kegiatan baca surah yasin dipagi Jum’at ini merupakan perwujudan dari salah satu misi SMA Negeri 1 Simpang Ulim yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan warga sekolah kepada Allah SWT”. Beliau juga berharap dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kecerdasan spritual bagi peserta didiknya “Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak didik kami bertambah kecerdasannya dalam menerima pelajaran di sekolah, bertambah kokoh keimanannya serta bertambah jernih hati dan akal pikiran mereka” tambahnya.

Selain agenda jumat rutin yang merupakan salah satu bagian penerapan pendidikan karakter, SMA Negeri 1 Simpang Ulim juga melaksanakan gerakan literasi yang diterapkan sekolah untuk membekali peserta didik serta pembiasaan kegiatan kerohanian “ setiap hari sebelum belajar pada jam pertama peserta didik diminta untuk melakukan literasi dengan membaca buku agama seperti buku tuntunan Shalat yang didampingi oleh guru mapel pada jam tersebut ” tambah Maimun, S.HI Guru PAI sekaligus pelaksana kegiatan yasinan.