SMA Negeri 1 Simpang Ulim Siapkan Peserta Terbaik KSN 2021

Simpang Ulim – Salah satu misi SMA Negeri 1 Simpang Ulim yaitu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam hal ini sekolah memfasilitasi pengembangan dan peningkatan prestasi peserta didik melalui banyak kegiatan, salah satunya yaitu turut berpartisipasi dalam kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengarahan kepada peserta KSN di halaman SMAN 1 Simpang Ulim

Kegiatan KSN ini menguji kompetensi kognitif peserta didik dalam pengembangan bakat dan minat bidang sains. Mekanisme pelaksanaan KSN melalui seleksi berjenjang secara daring. Mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Pada jenjang sekolah (KSN-S) diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta terbaik yang mewakili sekolah sebagai peserta KSN-Kab. Peserta yang lolos sebagai juara KSN-Kab bisa mengikuti ke jenjang KSN-Provinsi.

Meski ditengah pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Simpang Ulim berupaya untuk tetap bisa memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk bisa berprestasi melalui KSN yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 4 Juni 2021.

Koordinator KSN SMA Negeri 1 Simpang Ulim Rahmiyana, S.Pd., M.Pd. saat ditemui pada sela-sela pelaksanaan try out KSN di Aula Pertemuan SMA Negeri 1 Simpang Ulim mengatakan, sekolah telah mempersiapkan sebanyak 27 peserta terbaik sebagai perwakilan kelas X dan XI untuk mengikuti KSN cabang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, TIK, Astronomi, dan Kebumian. “Ada 27 peserta yang akan mengikuti KSN dari SMA Negeri 1 Simpang Ulim, perbidang studi/cabang sains masing-masing ada 3 peserta” tuturnya.

Peserta sedang mengerjakan soal Try Out di Aula Pertemuan SMAN 1 Simpang Ulim

Beliau juga menambahkan sejauh ini para guru juga telah memberikan bimbingan belajar kepada peserta KSN, “Bimbingan belajar sudah kita laksanakan sebanyak 12 kali pertemuan pada sore hari, fokus untuk bahas soal hots supaya peserta terbiasa dalam mengerjakan soal olimpiade” tambahnya.

Kepala SMA Negeri 1 Simpang Ulim, Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd. dikutip dari status WA storynya berharap peserta KSN bisa mengukir prestasi yang baik. “Semangat nak, kalian sudah berusaha semaksimal mungkin untuk persiapan KSN, hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT.” tulisnya.