Ulangan Harian Berbasis Online, Wakakur; “Untuk Membiasakan Siswa”

Simpang Ulim – Teknologi informasi semakin hari tanpa kita sadari sangat cepat berkembang. Begitu juga dalam bidang pendidikan, banyak sekali teknologi dikembangkan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah baik secara online maupun offline. Hal ini patut dilakukan oleh guru agar siswa tidak bosan dan pembelajaran tidak monoton di kelas.

Dalam rangka mewujudkan pembelajaran berbasis ICT yang merupakan salah satu misi SMA Negeri 1 Simpang Ulim, Waka Kurikulum SMA Negeri 1 Simpang Ulim, Muhammad Razi, S.Pd., Gr, mulai menerapkan pembelajaran berbasis ICT dalam proses belajar mengajar. “Saat ini kita sedang melaksanakan ulangan harian berbasis komputer untuk Siswa X MIPA 2 dengan memanfaatkan Google Forms”. tuturnya saat ditemui di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Simpang Ulim.

Pelaksanaan ulangan harian berbasis komputer bertujuan untuk membiasakan siswa agar terampil menggunakan komputer dan sebagai persiapan Asesmen Nasional. “Tujuannya adalah untuk mengenalkan IT kepada siswa bagaimana mengikuti ujian berbasis online, karena siswa kelas X nantinya juga akan mengikuti Asesmen Nasional (AN) berbasis komputer yang diselenggarakan oleh Kemdikbud September mendatang”, tambahnya.

Kepala Lab. Komputer, Julian Hidayat, S.Kom., Gr., mengatakan saat ini SMA Negeri 1 Simpang Ulim telah memiliki 2 Lab. Komputer dan akses jaringan internet yang memadai. “Saat ini kita sudah memiliki 2 Lab. Komputer dengan jumlah total komputer 62 unit bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh. Kedua lab tersebut juga sudah memiliki akses jaringan internet” jelasnya.

Tentunya fasilitas ini dapat digunakan oleh guru mata pelajaran untuk menunjang proses pembelajaran dan dapat mengakomodir apabila siswa melaksanakan Ulangan Harian berbasis komputer.