SMAN 1 Simpang Ulim Lepas 196 Siswa, Ini Harapan Kepala Sekolah

Sabtu, 10 April 2021 SMA Negeri 1 Simpang Ulim menggelar acara pelepasan siswa-siswi kelas XII. Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan diselimuti rasa haru. Selama 3 tahun para siswa-siswi telah belajar, menuntut ilmu, menerima arahan dan bimbingan dari bapak ibu guru. Hari ini mereka harus berpisah tetapi perpisahan ini adalah awal dari pengalaman baru menuju dunia pendidikan yanglebih tinggi bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Simpang Ulim.  

Acara dimulai dengan persembahan tarian ranup lampuan yang dibawakan oleh sanggar seni Bunga dan Kumbang SMA Negeri 1 Simpang Ulim. Tarian tersebut menarik perhatian para tamu undangan.

Erna Murni, S. Pd selaku Ketua Pelaksana dan Pembina Osis mengatakan pelepasan siswa-siswi kelas XII kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Acara dilakukan sesederhana mungkin dengan membatasi jumlah tamu undangan mengingat situasi masih pandemi. “Pelepasan siswa-siswi kelas XII tahun ini kita lakukan hanya dengan mengundang siswa-siswi kelas XII sebanyak 196 siswa, jadi tamu undangannya dibatasi yang hadir hanya wali siswa, pengawas dan komite sekolah sedangkan siswa kelas X dan XI tidak turut serta,” jelasnya.

Erna menambahkan “Mengingat kondisi sedang pandemi setiap tamu undangan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan mengecek suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker.”

Acara ini terlaksana berkat kerjasama dengan pihak OSIS SMAN 1 Simpang Ulim. Awaludin AS selaku ketua OSIS dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada siswa kelas XII dan harapan kedepannya. “Terimakasih kami ucapkan kepada kakak-kakak yang telah membantu OSIS menjalankan program kerja selama berada disini. Selamat kepada kakak-kakak semuanya, semoga sukses dan semoga apa yang dicita-citakan terwujud. Ini bukanlah perpisahan seutuhnya, kami berharap hubungan silaturahmi antara kami dan para kakak alumni terus terjalin dengan baik di luar sekolah,” ucapnya.

Suasana bertambah haru saat ucapan terimakasih dari siswa-siswi SMAN 1 Simpang Ulim yang diwakili oleh Hatta Tuja Muhajir. Dia menyampaikan ungkapan terimakasih kepada para guru yang telah membimbing selama 3 tahun. “Saya mewakili teman-teman mengucap rasa syukur dan terimakasih tak terhingga kepada para guru kami yang hebat karena telah berhasil membentuk kami menjadi orang yang berkarakter, mendidik kami dengan segenap hati. Guru itu digugu dan ditiru sehingga menjadi cerminan bagi kami untuk membentuk karakter yang baik,” paparnya.  

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Henni Mahera Siregar, S. Pd., M. Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa kelas XII telah menyelesaikan ujian akhir sekolah yang merupakan salah satu syarat kelulusan. “Alhamdulillah semua nya telah menyelesaikan ujian akhir sekolah, semua sudah berusaha semaksimal mungkin tinggal kita tunggu hasilnya. Semoga semuanya mendapat nilai terbaik dengan predikat lulus,” ungkapnya.

“Untuk anak-anak kami semua apapun yang dilakukan oleh guru kalian, marahnya, nasihatnya, hukuman atau sanksi yang diberikan itu semua tak lain adalah untuk kebaikan kalian semua. Kedepan ada yang lebih berat saat kamu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” tambahnya.

Henni menyampaikan harapannya kepada siswa kelas XII untuk tetap menjaga nama baik sekolah dan membanggakan orangtua. “Selamat datang di dunia nyata, dunia pendidikan yang lebih tinggi dan dunia kerja. Untuk sukses tidak cukup dengan rebahan. Tolong jaga nama sekolah, buatlah bangga nama sekolah, orangtua dan orang-orang yang sudah mengantar kalian. Semuanya berporses, tantangan kedepan lebih besar. Semoga kalian bisa jauh lebih sukses dari bapak dan ibu guru disini,” harapnya.

Acara seremonial diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan predikat terbaik peraih nilai tertinggi UASBK pada tahun ajaran 2020/2021. Mereka adalah Putri Zaskia, peringkat pertama dengan nilai tertinggi dari kelas XII MIPA 1, peringkat kedua diraih oleh Mahda Nurlena dari kelas XII MIPA 1 dan Munawar sebagai peringkat ketiga dari kelas XII IPS 2.

Setelah penyerahan sertifikat yang diberikan kepada siswa siswi kelas XII, disuguhkan persembahan hymne guru dan musikalisasi puisi dari siswi kelas XII yang menambah haru suasana hari itu. Tak sedikit yang bersedih dengan perpisahan ini. Namun, banyak pula senyum yang terukir di wajah mereka. Ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan menuju sukses.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dengan wali kelas dan wali murid serta salam-salaman dengan seluruh dewan guru.

Harapan kami dari pihak sekolah semoga apapun yang kalian pilih dan jalani menjadi jalan terbaik yang kalian tempuh dan sukses dalam bidangnya masing-masing, baik itu melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, pondok pesantren, berwirausaha maupun hal lainnya.

Semua bimbingan, teguran dan didikan dari bapak ibu guru akan menjadi kenangan dan bekal kelak untuk terjun ke dunia nyata melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi.