27 Siswa SMA Negeri 1 Simpang Ulim Ikut Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten Aceh Timur Tahun 2021

“Ada 27 peserta terbaik yang mengikuti KSN dari SMA Negeri 1 Simpang Ulim, perbidang studi/cabang sains masing-masing ada 3 peserta” tuturnya.

Rahmiyana, S.Pd., M.Pd.

Sebanyak 27 siswa SMA Negeri 1 Simpang Ulim mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMA/MA Tingkat Kabupaten Aceh Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 4 juni 2021 berlangsung serentak seluruh Indonesia secara daring. Perwakilan siswa terbaik SMA Negeri 1 Simpang Ulim mengikuti kompetisi tersebut di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Simpang Ulim dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Koordinator KSN SMA Negeri 1 Simpang Ulim Rahmiyana, S.Pd., M.Pd. saat ditemui mengatakan, sekolah telah mempersiapkan sebanyak 27 peserta terbaik sebagai perwakilan kelas X dan XI untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten (KSN-K) cabang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, TIK, Astronomi, dan Kebumian. “Ada 27 peserta terbaik yang mengikuti KSN dari SMA Negeri 1 Simpang Ulim, perbidang studi/cabang sains masing-masing ada 3 peserta” tuturnya.

Rahmi mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan jauh-jauh hari untuk program pembimbingan intensif oleh masing-masing guru pembimbing bidangnya dan pelaksanaan try out. “Kita sudah melakukan bimbingan belajar untuk peserta KSN-K yang dimbimbing oleh guru mapel yang sesuai dengan cabang lomba.” Ujarnya.

Bimbingan Peserta KSN-K SMAN 1 Simpang Ulim

Pihak sekolah juga memfasilitasi peserta dalam mengikuti Try Out. “Pelaksanaan Try Out ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengukur sejauh mana daya serap yang didapatkan peserta selama proses pembimbingan. sehingga dari hasil tersebut akan dijadikan sebagai bahan untuk melakukan pembimbingan lanjutan serta menyusun program berikutnya”. tambahnya.

Sebelum mengikuti KSN peserta dibekali dengan arahan sesuai dengan pedoman dari  Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “karena tahun ini baru pertama kali dilaksanakan secara daring maka kita juga memberikan arahan dan pembekalan serta simulasi penggunaan Aplikasi KSN kepada peserta yang bertujuan untuk membiasakan peserta dalam menggunakan aplikasi tersebut” jelasnya.

Salah satu peserta KSN-K SMA Negeri 1 Simpang Ulim Awaludin AS mengatakan sebagian besar soal yang keluar saat ujian KSN berkenaan dengan materi yang sudah dipelajari saat bimbingan belajar. “Sebagian besar soal yang keluar saat ujian KSN berkenaan dengan materi yang kami pelajari saat bimbingan belajar, seperti saya misalnya mengikuti cabang matematika meski tidak sama persis tapi konsep materinya sama seperti yang sudah saya pelajari” jelasnya.

Menurutnya, dia dan kawan-kawannya perlu berhati-hati dalam menjawab setiap soal KSN. “Kami juga harus sangat berhati-hati dalam mengatur waktu dan menentukan pilihan jawaban karena ada pengurangan poin minus jika salah memilih jawaban” tambahnya.

Peserta sedang mengikuti KSN-K SMAN 1 Simpang Ulim

Kepala SMA Negeri 1 Simpang Ulim, Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa pihak sekolah telah mempersiapkan peserta KSN tingkat kabupaten dengan serius. “Meski ditengah pandemi Covid-19, kita mempersiapkan peserta KSN tingkat kabupaten dengan serius, segala upaya kita lakukan dalam membekali kemampuan peserta yang mengikuti KSN tingkat kabupaten, mulai dari program bimbingan belajar hingga pelaksanaan kegiatan try out.” Ucapnya.

Peserta sedang mengikuti KSN-K SMAN 1 Simpang Ulim

Henni berharap peserta dari sekolahnya bisa mewakili provinsi untuk setiap cabang bidang studi yang dilombakan. “Kita berharap peserta yang mengikuti KSN tingkat kabupaten ini bisa masuk 3 besar untuk setiap bidang studi sehingga bisa mewakili untuk mengukir prestasi di tingkat provinsi.” harapnya.

Adapun nama-nama peserta KSN-K SMA Negeri 1 Simpang Ulim 2021 dapat dilihat disini