Raih Juara 3, Dua Siswa SMAN 1 Simpang Ulim Lolos KSM ke Tingkat Provinsi

Kementerian Agama (Kemenag) secara melalui laman https://ksm.kemenag.go.id. mengumumkan juara Kompetisi Sains Madrasah (KMS) tingkat kabupaten/kota pada Sabtu 28 Agustus 2021 lalu. Pelaksanaan KSM yang berlangsung sejak tanggal 21-23 Agustus tahun ini agak berbeda dari sebelumnya. KSM tahun ini digelar secara daring dan boleh diikuti oleh siswa dari sekolah umum, yaitu SD, SMP, SMA/K sederajat. SMAN 1 Simpang Ulim turut berpartisipasi dalam perhelatan bergengsi ini dan alhamdulillah mampu meraih juara tiga pada bidang Ekonomi Integrasi dan Matematika.

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd, mengatakan bahwa event tahunan  yang dilaksanakan oleh Kemenag merupakan hal baru bagi sekolahnya. “Ini merupakan kali pertama anak-anak kami mengikuti KSM. Alhamdulillah mampu meraih juara tiga. Kami sangat bangga atas prestasi yang mereka raih. Selamat nak, semangat dalam meningkatkan prestasi, semoga prestasi mereka bisa menginspirasi siswa-siswa yang lain” ujarnya.

Koordinator Olimpiade SMAN 1 Simpang Ulim, Rahmiyana, S,Pd., M.Pd  turut menyampaikan ungkapan rasa bangga kepada Fazilatunnisa dan Putri Natasya yang merupakan peraih juara 3 dalam KSM tingkat kabupaten/kota. “Alhamdulillah semangat belajar selama ini bisa membuahkan hasil, kami sangat bangga atas prestasi anak kami Fazilatunnisa dan Putri Natasya yang berhasil meraih juara tiga bidang Ekonomi Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi,” tuturnya dengan senyum lebar.

Rahmi mengatakan dalam membimbing siswanya mengikuti KSM kali ini merasa lebih tertantang dari KSN, pasalnya semua bidang terintegrasi dengan ilmu agama. “kalau tingkat kesulitan soalnya antara KSM dan KSN sama-sama sulit, hanya saja KSM soalnya bervariasi ada dalam bentuk bahasa arab, bahasa inggris yang dikaitkan langsung dengan ilmu agama. Jelas ini menjadi tantangan baru bagi guru pembimbing untuk mempelajari dan memperdalam lagi pengetahuan agama terkait sains, karena agama itu kaya dengan ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Rahmi menambahkan kedua siswanya nanti berhak mengikuti KSM Tingkat Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan pada 18-20 September 2021. “Mereka berhak melaju ke tingkat provinsi karena yang diambil untuk mewakili ke provinsi peserta yang mampu meraih juara 1, 2, 3 ditingkat kabupaten/kota,” tambahnya.

Penyerahan hadiah kepada juara KSM tingkat kabupaten/kota di Aceh Timur dilaksanakan pada tanggal 1 September 2021. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Wilayah Kemenag Kabupaten Aceh Timur yang dihadiri langsung oleh Bapak Salman, selaku Kakan Kemenag Aceh Timur, Kasubbag TU H. Akly S. Ag MH, Kepala Dinas Pendidikan Cabang Aceh Timur Abdul Jaban S. Pd, M. Pd, pengawas dan para kepala sekolah maupun madrasah.

Kasubbag TU Kemenag Aceh Timur H. Akly S. Ag MH, menyerahkan Trophy dan Sertifikat Kepada Siswa SMAN 1 Simpang Ulim

Sebelumnya peserta KSM yang mewakili SMAN 1 Simpang Ulim telah mengikuti bimbingan belajar dengan masing-masing guru pembimbing dan Try Out yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021. KSM tingkat sekolah juga telah dilaksanakan untuk menyeleksi 5 orang sebagai perwakilan tiap bidang yang dilombakan. Mereka adalah Hafiza Najwa (XI IPS 2) mewakili bidang geografi, Rauzatul Muna (XII IPA 1) mewakili bidang fisika, Riska Ramadhani (XII IPA 1) mewakili bidang kimia, M. Salim Maulana (XII IPA 1) mewakili bidang biologi, Fazilatunnisa (XI IPS 2) mewakili bidang ekonomi dan Putri Natasya (XI IPA 2) mewakili bidang  Matematika.

Peserta KSM SMAN 1 Simpang Ulim berfoto bersama Guru Pembimbing selesai mengikuti Try Out

Harapan kami semoga perwakilan dari SMAN 1 Simpang Ulim yang lolos dapat bersaing hingga tingkat nasional. Untuk tahun selanjutnya, semoga SMA N 1 Simpang Ulim masih dapat mengikuti ajang KSM dan lomba lainnya serta unggul dalam prestasi.