Sambangi SMAN 1 Simpang Ulim, Tim UKS Puskesmas Simpang Ulim Bagikan TTD

Pengelola UKS SMAN 1 Simpang Ulim membuka acara

Tim UKS UPTD Puskesmas Simpang Ulim berkunjung ke SMAN 1 Simpang Ulim dalam rangka memberikan penyuluhan dan pembagian Tablet Tambah Darah (TTD) pada hari Selasa, 31 Agustus 2021. Kegiatan tersebut bertempat di Aula pertemuan SMAN 1 Simpang Ulim yang dihadiri oleh Tim UKS UPTD Puskesmas Simpang Ulim, Pengelola UKS SMAN 1 Simpang Ulim dan siswi kelas XI dan XII.

Sebelum dilakukan pemberian TTD, diadakan penyuluhan terlebih dahulu oleh pengelola Tim UKS UPTD Puskesmas Simpang Ulim tentang penyakit anemia dan manfaat TTD bagi remaja putri.

Mardhiana, A.Md., Kes., selaku penanggung jawab program UKS mengatakan pemberian TTD ini dilakukan secara rutin dan pihaknya akan melaksanakan monitoring terkait pemberian tablet tambah darah pada para siswi di masing-masing sekolah. “Ini merupakan program pemerintah yang rutin kita laksanakan di sekolah-sekolah yang ada di wilayah kecamatan simpang ulim,” ujarnya.

Tim UKS Puskesmas Simpang Ulim memberikan Informasi kepada Siswa terkait TTD

Mardhiana menambahkan pihaknya selalu menyempatkan hadir ke sekolah setiap dua bulan untuk memeriksa kesehatan dan memberikan TTD kepada remaja putri. “Pemberian Tablet Tambah Darah pada remaja putri rutin kita lakukan dua bulan sekali sekaligus dengan pemerikasaan kesehatan siswa,” tambahnya.

Pemberian TTD bertujuan untuk meminimalisir remaja putri mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR).

Drs. Sulaiman selaku pengelola UKS SMAN 1 Simpang Ulim mengatakan program yang dilaksanakan oleh tim dari puskesmas kecamatan simpang ulim sangat bagus sekali yaitu pemberian TTD untuk siswa kelas kelas XI dan XII. “Anak-anak sangat antusias saya lihat dalam mengikuti penyuluhan TTD mereka dengan seksama menyimak dan bertanya tentang kegunaan, cara minum dan pemberian TTD selanjutya.”

Pengelola UKS SMAN 1 Simpang Ulim memberikan TTD kepada Siswa

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd mengatakan program ini penting dilakukan bagi siswa khususnya remaja putri. “Program ini sangat bagus dilaksanakan khususnya bagi remaja putri agar mereka lebih paham dengan perubahan yang terjadi pada dirinya, karena ini berdampak juga dengan konsentrasi belajar dan imunitas,” tuturnya.

Henni juga berharap agar bisa terus bersinergi dengan UPTD Puskesmas Simpang Ulim dalam kegiatan lainnya. “Kita berharap silaturhami ini tetap terjaga dan kedepan bisa terus bekerjasama dalam kegiatan vaksinasi dan kegiatan lainya,” harapnya.