SMAN 1 Simpang Ulim Kembali Gelar Pesta Demokrasi! Ini Ketua OSIS Terpilih Periode 2021/2022

SMA Negeri 1 Simpang Ulim kembali melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Ketua OSIS periode 2021/2022. Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Simpang Ulim periode 2020/2021 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil).

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Simpang Ulim dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021 dilapangan Upacara. Pembina OSIS SMAN 1 Simpang Ulim, Erna Murni, S.Pd  dalam sambutannya mengatakan pemungutan suara dilakukan secara bergantian menurut rombel didampingi oleh guru mapel pada jam tersebut. “Untuk mencegah terjadinya kerumuman dan terlaksana proses PBM didalam kelas maka proses pemungutan suara dilakukan mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII secara bergantian yang didampingi oleh guru mapel pada jam tersebut”, jelasnya.

Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS. “Semua warga sekolah diharapkan menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan terus dikawal sampai proses penghitungan surat suara sehingga tidak ada kecurangan”, tegasnya.

Sebelumnya, panitia telah melakukan proses seleksi bakal Calon Ketua OSIS periode 2021/2022. Dari proses seleksi yang dilakukan terpilih lima Calon Ketua OSIS SMAN 1 Simpang Ulim Periode 2021/2022 yang siap bersaing memperebutkan jabatan Ketua OSIS. Kelima kandidat tersebut adalah Putri Natasya (XI IPA 2), Hafiza Najwa (XI IPS 2), Cut Mutia (X IPA 1), Kasura (X IPA 2) dan Akhmali Syarwani (X IPA 1).

Pada Senin, 18 Oktober 2021 mulai pukul 09.00 WIB dilakukan penghitungan surat suara bertempat di ruang literasi SMAN 1 Simpang Ulim. Penghitungan suara disaksikan oleh Pembina OSIS, perwakilan pengurus OSIS, kandidat calon ketua OSIS dan dua orang perwakilan masing-masing kelas. Dari hasil penghitungan jumlah suara yang masuk sebanyak 392 suara dengan 366 suara sah dan 26 suara tidak sah.

Hasil perolehan jumlah suara sah kelima kandidat calon ketua OSIS tersebut yaitu Putri Natasya memperoleh 70 suara, Hafiza Najwa 17 suara, Cut Mutia  33 suara, Kasura 35 suara dan Akhmali Syarwani 211 suara. Berdasarkan perolehan jumlah suara sah Akhmali Syarwani (X IPA 1) ditetapkan sebagai Ketua OSIS SMA Negeri 1 Simpang Ulim Periode 2021/2022 menggantikan Awaluddin S (XI IPA 1).

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd memberikan ucapan selamat kepada kelima kandidat yang sudah berpatisipasi dalam pesta demokrasi tahun ini. “Selamat kepada kandidat yang sudah terpilih, salam sukses dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik dan bagi  kandidat yang tidak terpilih jangan berkecil hati kalian juga mendapat amanah untuk membantu dan bekerjasama dengan OSIS untuk memajukan SMAN 1 Simpang Ulim.