“KOPRAL MAYA” Berhasil Menorehkan Prestasi Tingkat Provinsi

Peserta laboran SMA Berprestasi berfoto bersama dewan juri

Ajang pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi dan inspiratif tahun 2021 tingkat provinsi telah selesai dilaksanakan.  Pengumuman pemenang sebagai acara puncak dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Aceh pada Selasa malam (23/11/2021). Acara ini juga berlangsung secara live Youtube dari akun Dinas Pendidikan Aceh.

Sebelum kegiatan puncak, para peserta GTK berprestasi 2021 telah melaksanakan serangkaian kegiatan tahapan lomba yang berlangsung di beberapa titik yaitu Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom (Guru SMA dan SMK Berprestasi), Hotel Madinatul Zahra Lampeunerut (Kepala SMA dan SMK Berprestasi), Hotel Rasamala Seutui (Pengawas SMA dan SMK Berprestasi), Hotel Grand Aceh Sp. Surabaya (Laboran SMA dan SMK Berprestasi), Hotel Hip Hop (Tenaga Administasi SMA Berprestasi). Hotel Garuda Syariah (Tenaga Adm SMK Berprestasi), Hotel Oasis (Tenaga Perpustakaan SMA Berprestasi) dan Hotel Grand Arabia (Tenaga Perpustakaan SMK Berprestasi).

Pembukaan berlangsung di hotel Madinatul Zahra yang resmi dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan melalui staf ahli Disdik Aceh, Dra. Nurhayati MM. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan teknis GTK berprestasi oleh Muhibbul Khibri, S. Pd., M. Pd.

Kegiatan berlangsung sejak tanggal 20-24 November 2021 diikuti oleh peserta dari 23 kabupaten se-Aceh. Ajang perlombaan juga terdiri dari beberapa kategori dimulai dari tingkat SD, SMP, SLB, SMA dan SMK.

Salah satu pemenang yang berhasil membawa gelar juara adalah laboran dari SMAN 1 Simpang Ulim yaitu Muhajjir, S. Pd., Gr,. Beliau merupakan salah satu peserta pemilihan laboran berprestasi dan inspiratif jenjang SMA yang mewakili kabupaten Aceh Timur yang berhasil meraih juara II dalam ajang pemilihan laboran SMA berprestasi tingkat provinsi.

Iskandar Usman Al Farlaky (DRPA Aceh Timur) menyerahkan Hadiah kepada Muhajjir, S.Pd., Gr

Akibat covid 19, banyak hal yang berubah terkait dengan proses pembelajaran. Salah satunya adalah pemangkasan waktu belajar tatap muka dan diberlakukannya PTMT. Tema kegiatan GTK Berprestasi pada tahun ini adalah inovasi pembelajaran dalam mengatasi learning loss pada masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Ajier (sapaan akrab Muhajjir) mengatakan bahwa ini merupakan suatu tantangan baginya untuk tetap mengoptimalkan pelayanan laboran agar kegiatan praktikum tetap terus dapat dilaksanakan di laboratorium meskipun dalam keadaan pandemi.

“Saya mencoba berkonsultasi dan berkolaborasi dengan guru mapel untuk menemukan solusi yang tepat agar kegiatan praktikum tetap dapat dilakukan dengan efektif dan efisien waktu. Akhirnya, saya menemukan suatu inovasi dengan menggabungkan lab nyata dan lab maya yang saya sebut “Kopral Maya” yaitu kolaborasi praktikum laboratorium maya dan nyata,” ujar pria berusia 31 tahun itu.

Meraih juara 2 bukan berarti menjadi pencapaian akhir, melainkan langkah awal untuk lebih mengoptimalkan pelayanan dan berinovasi dengan berkreatifitas demi memajukan laboratorium di sekolah.

“Saya berharap semoga inovasi ini dapat memberi inspirasi dan membuat saya tetap terus semangat untuk berkembang dalam pengoptimalan pelayanan di laboratorium,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh bersama Anggota DPR dari masing-masing dapil dan cabdin tiap kabupaten  turut hadir dalam acara puncak pengumuman pemenang pada lomba bergengsi yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini. Adapun hadiah yang diberikan kepada sang juara 1 adalah satu paket umroh dan uang binaan sebesar Rp10.000.000, juara 2 mendapat uang binaan sebesar Rp7.000.000, dan juara 3 mendapat uang binaan sebesar Rp6.000.000.

Aceh Timur patut berbangga, karena berhasil meraih 3 juara dalam kategori Kepala tata usaha berprestasi, laboran SMA berprestasi dan laboran SMK berprestasi. Mereka yang berhasil mengharumkan nama Aceh Timur diantaranya:

  1. Sri Wahyuni, SE, juara 1 kategori Kepala Tata Usaha SMK berprestasi dari SMKN 2 Peureulak
  2. Muhajjir, S. Pd., Gr, juara 2 kategori Laboran SMA Berprestasi dari SMAN 1 Simpang Ulim
  3. Eva Juliana, Amd. Farm, juara 3 kategori Laboran SMK Berprestasi dari SMKN Taman Fajar Peureulak
Kepala Disdik Aceh dan DPRA Aceh Timur berfoto bersama pemenang lomba GTK dari Aceh Timur

Sementara itu, peraih juara dalam kategori laboran SMA berprestasi tahun 2021 tingkat provinsi adalah:

  1. Misnawati,S.Pd. juara 1 dari SMAN 7 Banda Aceh
  2. Muhajjir, S. Pd., Gr. juara 2 dari SMAN 1 Simpang Ulim, Aceh Timur
  3. Majmi Susi Arini, S.Pd. juara 3 dari SMAN 1 Seribu Bukit Gayo Lues

Plt Kepala SMAN 1 Simpang Ulim mengapresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh salah satu warga sekolahnya yang telah berhasil mengharumkan nama SMAN 1 Simpang Ulim di tingkat provinsi. Beliau berpesan agar tetap semangat dalam berkarya dan menjadi motivasi bagi rekan SMAN 1 Simpang Ulim. “Alhamdulillah hadiah untuk SMAN 1 Simpang Ulim di Hari Guru Nasional tahun ini. Terimakasih kepada bapak Muhajjir yang sudah menggemakan nama SMAN 1 Simpang Ulim di tingkat provinsi. Semoga menjadi motivasi bagi kita semua dalam berinovasi untuk kemajuan pendidikan,” ucapnya.

Berfoto bersama Kepala Cabdin Aceh Timur, Abdul Jaban, S.Pd.,M.Pd.