SMAN 1 Simpang Ulim Raih Harapan 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Se-Aceh Timur

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur kembali mengumumkan pemenang lomba penilaian perpustakaan sekolah terbaik tahun 2021 tingkat SMP/MTsN, SMA/SMK/MA se-kabupaten Aceh Timur. Kegiatan tersebut berlangsung di aula pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur Selasa, 30 November 2021. Dalam acara tersebut turut hadir Kabid Perpustakaan Suriadi, S.Sos., Kabid Pelayanan Perpustakaan Hafni, S.Sos dan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur Jalaludin, SH. MH. serta perwakilan kepala perpustakaan sekolah se- Aceh Timur.

Berdasarkan keputusan dewan juri perpustakaan SMAN 1 Simpang Ulim berhasil meraih juara harapan 1 pada lomba penilaian perpustakaan sekolah terbaik tahun 2021. Juara harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Idi Rayeuk dan juara harapan 3 SMPN Peureulak Timur. Sedangkan untuk Juara 1 diraih oleh SMPN 1 Idi, Juara 2 MAN 4 Aceh Timur dan Juara 3 SMPN 1 Rantau Selamat.

Jalaludin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penilaian perpustakaan sekolah terbaik rutin dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelola perpustakaan sekolah di Aceh Timur.

“ini merupakan salah satu upaya yang kita lakukan untuk mendorong peningkatan mutu pengelolaan perpustakaan  dengan harapan perpustakaan di sekolah bisa berkembang”, ujarnya.

Lebih lanjut Jalaludin menjelaskan pengembangan perpustakaan penting dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran dan minat baca bagi generasi milenial dalam meningkatkan pengetahuan serta wawasan informasi dengan cara membaca.

Kepala perpustakaan SMAN 1 Simpang Ulim Fitriyani, S.Pd mengatakan ada beberapa komponen yang dinilai dalam lomba tersebut yaitu organisasi perpustakaan, gedung dan ruang perpustakaan, perabot dan perlengkapan, anggaran perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan, koleksi tercetak dan elektronik, layanan kerjasama dan program kerja perpustakaan, termasuk reward untuk pengunjung pustaka terajin, dan pojok baca.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada tim pengelola perpustakaan, kepala sekolah dan dewan guru  serta siswa SMAN 1 Simpang Ulim yang telah mendukung program kerja perpustakaan.

“Alhamdulillah senang dan bersyukur banget, karena masih banyak diluar sana yang belum bisa dapat kesempatan mengikuti lomba ini walau hanya meraih harapan 1. Terimakasih kepada keluarga besar SMAN 1 Simpang Ulim Ulim yang telah ikut berperan aktif dalam mendukung program kerja perpustakaan”.

Kompetitornya juga lumayan banyak dan bagus, dari SMP sampai dengan SMA dan MA yang ada di aceh timur memang perpustakaannya sudah bagus-bagus”, tambahnya.

Sementara itu Plt Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd., dikutip dari story whatsappnya turut mengucapkan selamat kepada tim perpustakaan SMAN 1 Simpang Ulim.

“Alhamdulillah… Tahun depan kita usahakan naik peringkat kita ya. Tetap Semangat tim tahun depan kita lebih berbenah ya”.

“Cieee kapus bereh that x nyoe. Semangat terus tuk berprestasi. Tahun ini “juara harapan 1” Tahun depan “berharap juara 1” 😁💪✊ Amiin. Selamat ya bu fitri dan anggotanya”, Ucap salah satu guru favorit SMAN 1 Simpang Ulim.