Tangis Haru Selimuti Lepas Sambut Kepala SMAN 1 Simpang Ulim

Terlihat atmosfer berbeda di lapangan upacara SMAN 1 Simpang Ulim pada hari Senin (31/1/2022). Udara mengandung bawang merah terasa menyelimuti acara lepas sambut kepala SMAN 1 Simpang Ulim. Acara tersebut digelar di lapangan upacara SMAN 1 Simpang Ulim turut dihadiri oleh komite sekolah, Bapak, H. M. Thahir, Plt kepala sekolah lama, Ibu Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd, Kepala Sekolah Baru, Bapak Syahrumadhan, S.Pd I, M.Psi dan warga SMAN 1 Simpang Ulim.

Acara diawali dengan sepatah dua kata dari siswa SMAN 1 Simpang Ulim yang disampaikan oleh Riska Ramadhani. Mewakili teman-temanya, Riska menyampaikan rasa terima kasih dan permohonan maaf kepada plt kepala sekolah lama.

“Terima kasih banyak Ibu dengan ketangguhan dan keikhlasannya telah membimbing kami selama ini, sehingga kami menjadi lebih menghargai waktu dan lebih disiplin lagi. Kemudian kami juga memohon maaf sebesar-besarnya mungkin dari sikap, tingkah dan perilaku maupun tutur kata kami yang kurang sopan selama ini hingga membuat hati Ibu terluka dan kecewa,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari komite sekolah. Dalam sambutannya Thahir mengucapkan selamat kepada kepala sekolah lama dan baru yang saat ini telah menjabat sebagai kepala sekolah definitif. Thahir mengatakan bahwa dirinya saat ini tidak mampu lagi menjabat sebagai komite sekolah.

Komite Sekolah Bapak H. M. Thahir menyampaikan kata sambutan

“Bapak Ibu yang terhormat, pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa karena faktor usia dan kesehatan mungkin saya tidak mampu lagi untuk menjabat sebagai komite sekolah, maka saya berpesan kepada kepala sekolah baru, mari kita sama-sama mencari pengganti dan membentuk komite sekolah yang baru,” terangnya.

“Saya juga minta maaf karena selama ini juga jarang sekali hadir dan kurang aktif di sekolah karena faktor usia dan kesehatan. Selamat kepada kepala sekolah baru, apabila ada hal-hal yang perlu kita diskusikan silahkan kabari saya. Saya akan datang jika dalam kondisi sehat,” tambahnya.

Dilanjutkan persembahan musikalisasi puisi dari sanggar seni SMAN 1 Simpang Ulim yang membuat suasana haru dilapangan semakin terasa. Waka Kesiswaan SMAN 1 Simpang Ulim, Ishak, S.Pd mewakili guru dan tendik saat menyampaikan sambutan juga terlihat kehabisan kata-kata setelah di suguhkan persembahan dari sanggar seni SMAN 1 Simpang Ulim.

Persembahan Sanggar Seni SMAN 1 Simpang Ulim

“Tidak ada lagi kata-kata yang bisa saya sampaikan kepada Ibu Henni, mungkin semua perasaan kami para guru, tendik dan siswa  sudah terwakilkan disitu,” ungkapnya.

Waka Kesiswaan Bapak Ishak, S.Pd menyampaikan kata sambutan

Ishak melanjutkan bahwa dirinya dan pihak sekolah siap melepaskan plt kepala sekolah dan menyambut kepala sekolah baru SMAN 1 Simpang Ulim.

“Karena panggilan tugas baru, kita semua rela melepaskan Ibu kita, Ibu Henni Mahera Siregar, S.Pd, M.Pd. Semoga sukses di tempat yang baru. Mudah-mudahan 4-5 tahun yang akan datang akan kita sambut kembali beliau disini,” harapnya.

“Kemudian kami pun siap menyambut kepala sekolah baru, Bapak Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi ke tempat kita, mudah-mudahan beliau dapat juga membawa kita semua kearah yang lebih baik lagi.”

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari plt kepala sekolah lama Henni Mahera Siregar, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kepergiannya bukan akhir dari kekeluargaan melainkan hanya berpisah dalam kedinasan.

Plt Kepala sekolah lama Ibu Henni Mahera Siregar, S.Pd, M.Pd. menyampaikan kata sambutan

“Hari ini saya berdiri di sini kembali, datang kesini kembali tapi bukan berarti nanti tidak bertemu kembali. Secara kedinasan mungkin kita memang berpisah, namun secara kekeluargaan tidak demikian,” ungkapnya.

“SMAN 1 Simpang Ulim merupakan keluarga yang luar biasa bagi saya. Di sini adalah tempat perdana saya menjadi kepala sekolah meskipun sebagai pelaksana tugas selama kurang lebih satu setengah tahun. Banyak kekurangan saya yang bapak ibu mampu terima. Saya ucapkan terima kasih untuk segalanya. Permohonan maaf juga saya sampaikan kepada bapak ibu guru serta siswa siswi ibu yang luar biasa. Mungkin banyak kesalahan saya di sana sini, khilaf kata salah perbuatan dan teguran yang saya berikan,” tambahnya.

Akhir kata beliau mengucapkan ungkapan terimakasih dan berharap agar SMAN 1 Simpang Ulim menjadi semakin jaya dan maju di tangan kepala sekolah baru, Bapak Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi.

“Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya selama disini dalam mensukseskan program bereh, vaksinasi dan program sekolah lainnya. Bapak ibu semua luar biasa,” tutupnya.

Acara selanjutnya persembahan akhir untuk melepas Ibu Henni yang dibawakan oleh grup vokal putri SMAN 1 Simpang Ulim yang berisi ucapan terima kasih untuk Ibu Henni Mahera Siregar, S.Pd, M.Pd. Suasana haru tak terelakkan. Suasana pecah oleh tangis dari siswa dan guru SMAN 1 Simpang Ulim.

Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Bapak Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi. Beliau menyampaikan harapannya kedepan untuk sama-sama memajukan sekolah kearah yang lebih baik.

Kepala Sekolah Baru Syahrumadhan, S.Pd. I, M.Psi menyampaikan kata sambutan

“Selamat kepada Bu Henni yang telah mendapat promosi menjadi kepala sekolah definitif di SMAN 2 Idi. Terima kasih juga kepada bapak ibu guru yang telah bahu-membahu membantu mensukseskan program bereh dan program sekolah lainnya yang dipimpin oleh Ibu Henni. InsyaAllah program ini akan berlanjut dan akan kita kembangkan dengan program-program lainnya,” ungkapnya.

Dalam sambutannya beliau juga menyinggung tentang presentasi buku kerja, salah satunya pelaksanaan vaksinasi. Beliau mengajak seluruh warga sekolah untuk menjalankan program vaksinasi tahap 2.

“Ayo, bapak ibu semangat kembali. Jangan bersedih, kita semua akan bertemu kembali. Bersedih hari ini karena ada kenangan yang sulit dilupakan. InsyaAllah nanti kita akan bertemu kembali.”

Diakhir sambutan beliau mengajak seluruh warga sekolah untuk mengembangkan SMAN 1 Simpang Ulim menjadi lebih maju.

“Program yang sudah baik mari kita tingkatkan. Yang belum beres mari kita bereskan. Karena tujuan kita adalah mengembangkan sekolah kearah kemajuan. Saya selaku pimpinan baru mohon dukungan dari bapak ibu sekalian, terutama siswa siswi SMAN 1 Simpang Ulim,” harapnya.

Acara ditutup dengan doa dan seluruh rangkaian acara diakhiri dengan salam-salaman warga sekolah dengan Ibu Henni Mahera Siregar, S.Pd., M.Pd.