SMAN 1 Simpang Ulim Gelar Rapat Teknis Persiapan Ujian Akhir Sekolah 2021/2022

Dengan akan berakhirnya proses belajar mengajar semester genap tahun pelajaran 2021/2022, Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi didampingi Waka Kurikulum, Siti Khadijah, S.Pd. bersama dengan Dewan Guru dan Tendik menggelar rapat pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Komputer (UASBK). Rapat dilaksanakan pada hari Senin, 14 Februari 2022 di ruang Dewan Guru.

Mengawali kegiatan rapat Syahru menyampaikan terkait pelaksanaan hasil presentasi buku kerja terutama program BEREH dan pelaksanaan vaksinasi tahap 2.

“Bapak/ Wali kelas terkait program BEREH ruang kelas ini tolong sama-sama kita indahkan, yang paling penting itu adalah Gleh! (read-bersih) tapi kalau bapak/ibu mampu ke level mempercantik yang wah dengan dekorasi hiasan itu menjadi nilai plus,” pungkasnya.”

“Khusus untuk  bapak/ibu wali kelas vaksin tahap 2 tolong dilakukan pendataan kembali dikelas masing-masing mengingat untuk vaksin tahap 2 kita masih rendah.  contoh laporan updatenya saya kirimkan nanti ke grup wali kelas, jadi laporan update datanya setiap hari,” tegasnya.

Syahru menambahkan penanggung jawab ruangan agar mengusulkan kebutuhan yang diperlukan untuk operasional di ruangan masing-masing.

“Kepada bapak/ibu penanggungjawab ruangan silakan diajukan kebutuhan apasaja yang diperlukan secara resmi melalui bendahara sekolah dan tolong dijaga kebersihan ruangannya masing-masing,” tambahnya.

Diakhir sambutan beliau mengingatkan kepada seluruh warga sekolah untuk sama-sama meninjau kembali peraturan pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri dan beban jam kerja guru karena akan berpengaruh dalam pembayaran sertifikasi dan insentif.

Waka Kurikulum SMAN 1 Simpang Ulim, Siti Khadijah, S.Pd mengatakan rapat persiapan dimaksudkan untuk memberikan arahan dan prosedur dalam melaksanakan UAS.

“Seperti tahun sebelumnya ujian tahun ini juga dilaksanakan menggunakan komputer. Rencana akan dilaksanakan mulai 17 s.d 25 Maret 2022. Untuk program IPA 50 soal dan IPS 40 butir soal dan mata pelajaran yang lain sama 50 soal,” jelasnya.

“Untuk pelaksanaan ujian dibagi kedalam 3 sesi, persesi 2 bidang studi dan satu bidang studi waktunya 60 menit,” lanjutnya.

Diakhir arahannya Siti mengharapkan kerjasama dengan dewan guru dan tim pembuat soal agar menyelesaikan soal tepat waktu.

“Kami berharap kepada bapak/ibu guru serta tim pembuat soal agar menyelesaikan soal tepat waktu, acuan seperti biasa untuk soal kelas X bobotnya 20%, kelas XI 30% dan kelas XII 50%. Setelah menginput soal ke aplikasi ujian mohon dicek sekali lagi untuk memastikan soal dan pilihan jawabannya lengkap tanpa kurang suatu apapun,” harapnya.