Percepat Vaksinasi, SMAN 1 Simpang Ulim Gandeng Puskesmas Simpang Ulim Gelar Vaksin di Sekolah

Dewan guru SMAN 1 Simpang Ulim dan tim vaksinator berfoto bersama setelah melakukan vaksin booster

Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi siswa siswi SMAN 1 Simpang Ulim, Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi selaku kepala SMAN 1 Simpang Ulim bekerjasama dengan satgas Covid-19 Kecamatan Simpang Ulim untuk melaksanakan vaksinasi bersama di sekolah. Kegiatan ini merupakan terobosan baru karena pertama kali dilakukan pada masa kepemimpinan rotasi kepala sekolah. Pelaksanaan vaksinasi bagi siswa dilaksanakan pada hari Kamis, 17/2/2022, dimulai pukul 10.15 s.d 14.30 WIB dan bertempat di aula pertemuan SMAN 1 Simpang Ulim.

Pada kegiatan tersebut turut hadir tim vaksinator dari UPTD Puskesmas Simpang Ulim, Hj. Rosnah, S. Tr. Keb. (Koordinator KIA), Nurul Falah, AM. Keb. (Koordinator Servelen), Sri Rahmanita, S.KM (Pelaksana Promkes) serta perwakilan dari Polsek Simpang Ulim, Bripka Agus Mahendra, S.H (Kasium Polsek Simpang Ulim) dan Aipda Dedi Saputra Sinaga (Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Ulim), Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Syahrumadhan, S.Pd.I. M.Psi dan Koordinator Tim Vaksinasi SMAN 1 Simpang Ulim, Said Hanan, S.Pd.

Mengawali kegiatan vaksinasi, Rosnah memberikan penyegaran dan pengetahuan terkait vaksinasi dosis kedua dan penyuluhan tentang pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri.

Tim vaksinator UPTD Puskesmas Simpang Ulim memberikan informasi tentang vaksinasi dan TTD

“Sambil menunggu persiapan vaksinasi kita manfaatkan waktu untuk memberikan informasi kepada siswa tentang manfaat pemberian vaksin dosis kedua untuk terbentuknya antibodi atau kekebalan tubuh. Kita sampaikan juga tentang pemberian TTD untuk remaja putri, kapan harus diminum, kegunaannya apa, semua sudah kita jelaskan dengan brosur yang sudah kita siapkan ini,” jelasnya.

Rosnah melanjutkan bahwa pihaknya sangat bersemangat dan senang melihat antusias warga SMAN 1 Simpang Ulim saat melakukan vaksinasi dosis kedua.

“Kemarin kami mendapat informasi ada dua puluhan siswa yang bersedia divaksin hari ini. Namun, ketika sampai ke sekolah saya sangat senang melihat antusias wali kelas dan anak-anak kita melakukan vaksinasi tahap dua. Meskipun ada beberapa diantara mereka lupa membawa KK dan bukti vaksin tahap pertama, mereka juga siap untuk divaksin tahap kedua melalui kerjasama wali kelasnya. Kita siap layani sampai dengan jam 4 sore proses penginputan datanya,” lanjutnya.

Rosnah mengapreasiasi kegiatan vaksinasi di SMAN 1 Simpang Ulim. Pihaknya mengaku bahwa vaksin tahap tiga sebelumnya kurang sukses untuk dilaksanakan.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi kami, sehingga kegiatan berjalan lancar. Untuk booster menurut kami yang sudah pengalaman kemana-mana kayaknya gak sukses deh. Tapi disini alhamdulillah, saya sangat senang karena dewan guru yang sudah sampai masa 6 bulan bersedia untuk vaksin booster. Ini bisa jadi motivasi dan contoh bagi guru dan sekolah lain juga masyarakat kita. Kami tim vaksin siap kapanpun dibutuhkan dan siap melayani,” pungkasnya.

“Kami berharap melalui kerja sama yang baik ini semoga vaksinasi di SMAN 1 Simpang Ulim mencapai 100%, amin,” harapnya.

“Disini kami melihat bahwa pelaksanaan vaksinasi pengaturanya sangat bagus, siswa yang masuk ke aula bergiliran menurut kelasnya dan mereka sudah membawa bukti vaksin tahap pertama. Ruangan yang digunakan juga cukup memadai fasilitasnya. Pelayanan dari pihak sekolah dan tim vaksinator juga sangat bagus sehingga kegiatan ini berjalan tertib dan lancar,” papar Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Ulim, Aipda Dedi Saputra Sinaga saat dijumpai memantau pelaksanaan vaksin.

Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Ulim memantau pelaksanaan vaksinasi

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi mengatakan pelakasanaan vaksinasi berjalan sukses dan warga sekolah sangat antusias.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksin berjalan sukses, tadi dimulai dengan usia remaja yaitu siswa kelas X, XI dan XII ada sekitar 56 orang. Untuk sementara capaian vaksinasi tahap 2 di SMAN 1 Simpang Ulim telah mencapai sekitar 56%. Dalam waktu dekat nanti kita akan undang lagi tim vaksinator untuk tingkat lanjut,” ucapnya.

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim meninjau pelaksanaan vaksinasi

Syahru menambahkan bawah tidak hanya siswa yang divaksin hari ini, tetapi guru juga ikut vaksin booster tahap ketiga.

“Alhamdulillah dewan guru juga antusias karena mereka melihat anak-anak yang begitu antusias. Para dewan guru dan tendik tadi meminta kepada tim vaksinator untuk difasilitasi melakukan vaksinasi booster tahap ketiga. Alhamdulillah 21 orang guru kita hari ini telah melakukan vaksin booster tahap ketiga,” pungkasnya.

Hal tersebut senada dengan data dari hasil rekapan tim vaksinator UPTD Puskesmas Simpang Ulim sebanyak 85 orang yang telah divaksin hari ini, diantaranya  masyarakat yang ikut vaksin di SMAN 1 Simpang Ulim.

“Alhamdulillah sampai pukul 14.15 WIB tadi kita sudah berhasil melakukan vaksinasi sekitar 85 orang. Rata-rata siswa yang kita vaksin hari ini dosis kedua, Siswa vaksin pertama ada 4 orang, vaksin kedua 56 orang, dewan guru vaksin kedua 1 orang, 21 orang vaksin ketiga (booster) dan dari masyarakat tadi ada yang ikut juga 3 orang vaksin kedua, jadi totalnya 85 orang,” terang Rosnah.

“Dari hasil pemeriksaan ulang tadi ada beberapa guru yang tidak bisa divaksin karena tidak tercapainya masa vaksin, artinya mereka belum mencukupi bulan untuk melakukan vaksin booster. Kalau belum sampai 6 bulan maka akan ditolak oleh sistem, “tambah Syahru.

Syahru berharap hingga Maret mendatang capaian vaksinasi telah menyentuh angka 100%.

“Kita selalu bekerja sama dengan wali kelas, orang tua siswa dan saling berkoordinasi dengan tim vaksinator satgas covid yang ada di kecamatan Simpang Ulim. Jadi, dalam hal ini kita terus berkoordinasi supaya vaksin tuntas, harapannya Insyaallah maret akan kita tuntaskan,” tegasnya.