Tingkatkan Kelulusan PTN, SMAN 1 Simpang Ulim Sosialisasi SNMPTN-SBMPTN Bersama Orang Tua/Wali Siswa.

Tim pendampingan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) SMAN 1 Simpang Ulim mengadakan sosialisasi kepada orang tua/wali siswa terkait pelaksanaan SNMPTN dan persiapan UTBK-SBMPTN tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 19/2/2022 bertempat di ruang aula pertemuan SMAN 1 Simpang Ulim. Kegiatan tersebut dihadiri Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi, Waka Kurikulum, Siti Khadijah, S.Pd., tim SNMPTN, Muhammad Razi, S.Pd., Gr, Rahmiyana, S.Pd., M.Pd dan Operator Sekolah, Julian Hidayat, S.Kom., Gr. serta para orang tua/wali siswa.

Ibu Rahmiyana, S.Pd. M.Pd membuka kegiatan sosialisasi SNMPTN

Mengawali pembukaan acara, Rahmiyana, S.Pd., M.Pd. memaparkan perihal tentang maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi tersebut.

“Bapak ibu orang tua/wali siswa yang kami muliakan terimakasih sudah berhadir, adapun maksud kami mengundang bapak ibu hari ini yaitu untuk membicarakan beberapa hal penting terkait suksesnya anak-anak kita yang akan melanjutkan kuliah baik lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN,” paparnya.

“Bapak ibu yang kami undang hari ini adalah orang tua/ wali dari siswa yang melanjutkan kuliah jalur SNMPTN, kalau istilah kita dulu yaitu masuk kuliah jalur undangan. Ini tidak lepas dari akreditasi sekolah kita. Alhamdulillah SMAN 1 Simpang Ulim tahun ini juga diberikan kepercayaan lagi dengan kuota maksimal yaitu 40% dari seluruh siswa, dan bisa masuk kuliah dengan seleksi nilai rapor,” tambahnya.

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim, Syahrumadhan, S.Pd.I, M.Psi. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak sekolah telah membentuk tim khusus untuk meningkatkan lulusan PTN yang merupakan salah satu dari lima aktifitas utama jardik Aceh tahun 2022.

Kepala SMAN 1 Simpang Ulim Syahrumadhan, S.Pd.I M.Psi memberikan arahan dan sambutan

“Di sekolah kita sudah ada tim khusus untuk memfasilitasi siswa yang ingin berkonsultasi mengenai proses dan pemilihan program studi di perguruan tinggi. Bagi yang terkendala dengan biaya, Bapak Ibu jangan khawatir. Sekarang pemerintah memberikan beasiswa kuliah yaitu KIP Kuliah, nanti silahkan konsultasi lebih lanjut dengan operator sekolah,” pungkasnya.

“Bagi siswa yang sudah mendaftar melalui jalur SNMPTN dimohon untuk tidak mengundurkan diri ketika sudah lulus. Berkembangnya sebuah sekolah, sukses dan hebatnya sebuah sekolah salah satunya adalah banyak alumni yang masuk ke perguruan tinggi,” lanjutnya.

“Dalam hal ini pihak sekolah berharap orang tua siswa agar lebih berpartisipasi lagi, sehingga siswa kita dapat diterima di prodi dan perguruan tinggi yang diinginkan,” harapnya.

Koordinator Tim SNMPTN SMAN 1 Simpang Ulim, Muhammad Razi, S.Pd. Gr dalam arahannya menyampaikan pemahaman kepada orang tua/wali siswa terkait prosedur dalam SNMPTN/SBMPTN, KIP-Kuliah, input data, teknik dan strategi pemilihan jurusan hingga kiat-kiat sukses lolos diterima di perguruan tinggi.

“Banyak jalur untuk masuk perguruan tinggi negeri, salah satunya melalui jalur SNMPTN. Siswa dengan nilai akademik yang konsisten melalui seleksi nilai raport dari kelas X sampai kelas XII dan prestasi lain, baik dibidang akademik tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional yang dibuktikan dengan sertifikat. Maka, saya menghimbau kepada bapak ibu semua untuk memotivasi anak-anak kita agar terus meningkakan prestasinya,” terangnya.

Koordinator SNMPTN SMAN 1 Simpang Ulim Muhammad Razi, S.Pd. Gr memberikan info tentang SNMPTN-SBMPTN dan KIP-Kuliah

“Saat ini sudah ada 57 orang yang sudah siap untuk mendaftar SNMPTN. Anak-anak kita dalam beberapa hari ini sedang proses pendaftaran yang dibantu langsung oleh tim SNMPTN untuk membimbing siswa dalam memilih jurusan, hingga tahap finalisasi permanen sampai dengan 28 Februari 2022,” tambahnya.

Untuk diketahui, dalam rangka mempersiapkan SNMPTN dan SBMPTN tahun 2022, SMAN 1 Simpang Ulim juga telah melaksanakan try out bekerja sama dengan beberapa bimbel antara lain ruang guru, teknos aceh juga try out yang dilaksanakan oleh tim sukses SNMPTN-SBMPTN sekolah.

Dengan diadakannya kegiatan ini merupakan bukti nyata dari kerjasama SMAN 1 Simpang Ulim bermitra dengan bimbel dan orang tua/wali siswa untuk memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik bagi para peserta didik untuk menjembatani mereka dalam menggapai cita-citanya, sehingga dapat menjadi kebanggaan tidak hanya bagi sekolah, tetapi juga bagi keluarga, agama, bangsa dan negara.